Sabtu, 30 Maret 2013

Jarak Jeruji Sangkar Burung

Perhatikan Jarak Jeruji Sangkar

Sangkar yang besar memang lebih direkomendasikan, namun Anda perlu memperhatikan jarak antara satu jeruji dengan jeruji yang lain. Idealnya, jarak antar jeruji harus saling berdekatan untuk mencegah burung cedera ketika mencoba untuk meloloskan diri.  Cara mengetahui jarak jeruji yang tepat adalah dengan memperkirakan jarak antra jeruji dengan ukuran burung sehingga tidak mampu menyelipkan kepalanya di antara dua jeruji. 

Untuk kategori burung kecil, ukuran terbaik jarak antara satu jeruji dengan yang lain adalah cukup di bawah 2 cm. sementara, bagi burung yang berkategori besar akan lebih baik jarak jerujinya lebih dari 2 cm. Kebanyakan jeruji untuk  sangkar burung terbuat dari kayu, namun ada juga yang terbuat dari besi. Biasanya untuk burung yang mempunyai paruh kuat, jeruji dipilih yang ukurannya lebih besar karena paruh burung yang kuat dan tajam dapat merusak jeruji sangkar. Jeruji yang erbuat dari kayu memang lebih aman dan alami serta tidak berisiko melukai burung. Namun, sangkat lebih mudah terkikis terutama jika sudah dihinggapi kutu kayi.

Umumnya, burung berkategori kecil akan lebih cocok dengan jeruji kayu, karena bahan dinilai tidak adak melukai paruh dan kuku cakar burung. Sementara, jeruji yang terbuat dari besi bersifat sebaliknya, aman dari kutu katu namun memiliki risiko melukai bagian tubuh burung. Apalagi jika sudah lama dan berkarat.


Sumber : indobird.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar