Kamis, 28 Maret 2013

Perawatan Anis Kembang yang macet

Tips Perawatan Anis Kembang yang macet


Tips perawatan untuk anis kembang ini bisa juga diaplikasikan ke burung anis merah anda yang macet bunyi, dengan pertimbangan bahwa kedua burung ini memiliki karakter dan sifat yang sama dan tidak jauh berbeda.




Tetapi sebelum anda kecewa jika hasilnya ternyata tidak sesuai dengan harapan oleh karena itu, sebaiknya yakinkan dahulu bahwa burung Anis Kembang ataupun Anis Merah anda adalah berjenis kelamin jantan dan setidaknya pernah bunyi, dalam kata lain burung memang sedang dalam kondisi macer bunyi dan bukan burng bahan.  karena tips yang saya berikan dibawah ini adalah untuk mengembalikan top form dari burung yang macet karena kurang kondisi atau Sebab lainnya.

Burung Anis Kembang ataupun Anis Merah yang macet bunyi ini bisa diberikan beberapa terapi seperti berikut yang juga pernah diutarakan oleh omkicau

  • Burung Anis Kembang yang macet ini sebisa mungkin dijauhkan dari burung anis kembang betina dan juga burung lain apalagi yang gacor, dalam artian burung kita karantina dan simpan ditempat yang sejuk dan tenang. 
  • Berikan Makanan Tambahan seperti Jangkrik dengan porsi 3/4 saja Pagi dan Sore tergantung kemampuan burung. 
  • Pada pagi harinya sewaktu burung diembunkan , berikan cacing tanah satu ekor, dan pada pagi harinya berikan kroto segar satu sendok teh saja. 
  • Setelah pengembunan bisa diberikan mandi pagi lalu diangin-anginkan sebentar lalu dijemur dengan waktu tidak lebih dari setengah jam saja dan setelah itu kembali digantung ditempat yang tenang tadi, pada sore harinya burung anis kembang tersebut bisa dimandikan kembali jika cuaca mendukung, misalnya tidak hujan pada sore harinya. 
  • Buah segar diberikan setiap hari dengan, dan akan lebih bagus jika buah-buahan tersebut dicampurkan dan disatukan dalam satu wadah makannya, misalnya dengan menampurkan irisan apel, pisang, jeruk, buah naga, pepaya, dan lain lain kedalam satu wadah sehingga protein tambahan dari buah-buahan tersebut bisa lebih bervariasi dibanding dengan memberikan satu potong buah saja yang digantung.
  • Sering digoda untuk memancing birahi burung, misalnya dengan meniru suara burung betina atau memutar suara burung anis kembang betina. 
  • Salah satu tips yang sering kali berhasil adalah mengembunkan burung dengan cara menggantung sangkar di dahan pohon rindang, bisa dihalaman rumah atau bisa juga dikebun tetangga ( hehehe) 
  • Berikan Mandi malam lalu diangin-anginkan dan saat diangin-anginkan tersebut burung bisa diberikan Cacing tanah satu ekor yang sudah dipotong tiga bagian. setelah bulu kering burung bisa dikerodong kembali dan dibiarkan istirahat hingga pagi hari untuk kembali diembunkan.

Terapi dengan obat dan suplemen.

Terapi untuk anis kembang yang macet bunyi juga bisa dilakukan dengan menggunakan suplemen tambahan atau vitamin khusus. berikut ini adalah beberapa suplemen yang bisa digunakan untuk terapi burung anis kembang yang macet bunyi :

  • BirdTwitter : jika macet bunyi disebabkan gangguan pernafasan seperti serak. Jadi sebelum macet bunyi, sudah terdengar suara serak saat burung berkicau.
  • BirdShout : jika burung mengalami macet bunyi akibat kalah mental setelah mengikuti lomba / latber, atau ditrek dengan anis kembang lainnya. Suplemen ini juga bisa mengatasi macet bunyi yang disertai dengan gejala suka turun tangkringan.
  • BirdMolt-Post : untuk burung yang macet bunyi setelah mabung, biasanya disertai pula dengan gejala suka mengantuk, takut menghadapi burung lain.

Dengan perawatan yang teratur dan konsisten, burung anis kembang yang macet tersebut diyakini bisa kembali menuju Top Formnya dan akhirnya bisa kembali bersuara lantang mengerollkan segala kemampuan dan isiannya untuk menyenangkan hati pemiliknya. demikian tips singkat ini semoga bisa bermanfaat untuk kicau mania yang memiliki burung anis kembang yang kebetulan sedang macet atau hanya ngeriwik saja. 

Sumber : agrobur.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar